Sabtu, 18 Desember 2010

HARI STATISTIK DUNIA (WORLD STATISTICS DAY)


“On this first World Statistics Day I encourage the international community to work with the United Nations to enable all countries to meet their statistical needs.” (Ban Ki Moon-Sekjen PBB)

Adakah yang tahu kapan WSD (World Statistics Day) atau Hari Statistik Dunia dirayakan?

Jawabannya hari ini, ya hari ini tanggal 20 Oktober 2010. Inilah kali pertama PBB mencanangkan hari statistik dunia. Masing-masing negara merayakannya tak terkecuali di Indonesia. Pada perayaan yang pertama ini seluruh Badan Pusat Statistik di Indonesia menyelenggarakan seminar khususnya tentang data hasil SP2010 dan ada pula provinsi yang menyelenggarakan berbagai lomba seperti BPS Papua yang menyelenggarakan lomba essay bagi pelajar SMA .

Hari statistik dunia ditetapkan untuk mengakui statistik global baik tingkat nasional maupun internasional dan diharapkan membantu memperkuat kesadaran dan kepercayaab masyarakat terhadap statistik resmi. Tiga kata kunci yang digunakan WSD adalah Service, Professionalism, Integrity

Di Indonesia sendiri hari statistik dirayakan pada tanggal 26 September. Hari tersebut dijadikan hari statistik di Indonesia karena pada hari tersebut pemerintah mengundangkan UU No 7 tahun 1960 tentang statsistik sebagai pengganti Statistiek Ordonnantie 1934. UU No 7 Tahun 1960 itulah yang secara rinci mengatur penyelenggaraan statistik dan Biro Pusat Statistik.

Tanggal 26 September resmi ditetapkan sebagai hari statistik nasional pada Agustus 1996 dengan alasan bahwa UU No 7 tahun 1960 merupakan titik awal perjalanan BPS yang sebelumnya diatur oleh undang-undang kolonial. Kemudian UU No 7 tahun 1960 ini diganti menjadi UU No 16 Tahun 1997 tentang perstatistikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar